Upaya Pemberdayaan Anak Yatim Melalui Kelas Kewirausahaan

Kewirausahaan merupakan suatu langkah penting dalam membekali generasi muda dengan keterampilan dan pemahaman yang diperlukan untuk meraih kesuksesan di dunia bisnis. Anak-anak yang mengenal dunia wirausaha sejak dini, akan mendapatkan manfaat yang besar untuk bekal masa depannya nanti. Pada tahap ini, anak-anak yang belajar menumbuhkan pembelajaran wirausaha akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif. Kreativitas yang terlatih sejak dini, termasuk melalui berbagai kegiatan kewirausahaan menjadi modal utama produktivitas dan kemandirian anak ketika dewasa nanti (Kompas, 2012)

Dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Mahasiswa PMI Kelas VB kelompok 3 UIN Suska Riau telah melakukan kerjasama dengan Panti Asuhan Assohwa yang berlokasi di jl merpati, simpang baru, kec tampan, kota Pekanbaru. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pengetahuan dasar tentang kewirausahaan, peran wirausaha dalam perekonomian Indonesia. Pemilihan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini tidak seperti biasanya yang berfokus pada sekelompok masyarakat di pedesaan namun dalam kegiatan ini dipilih sasaran mitra yang berbeda yaitu anak-anak remaja (SMP-SMA) yang ada di Panti Asuhan. Sebagai bagian dari sosialisasi kewirausahaan Assohwa Home kepada anak-anak, meliputi pembelajaran nilainilai kewirausahaan, mengajarkan. keterampilan kewirausahaan, dan mendukung anak untuk mengembangkan potensinya secara mandiri, termasuk memberi anak melalui program sosialisasi kewirausahaan ini.  Anak-anak Panti Assohwa dapat diajak untuk memahami konsep bisnis, mengembangkan kreativitas, serta memupuk semangat berwirausaha. Langkah ini tidak hanya bertujuan memberikan pengetahuan praktis, tetapi juga membantu membentuk karakter dan jiwa kepemimpinan yang kuat bagi mereka di masa depan. “Mari kita bersama-sama menjelajahi perjalanan ini, membangun fondasi yang kokoh bagi kemajuan dan keinginan para anak muda ini dalam dunia kewirausahaan” ungkap Romandes.

Kegiatan ini dilaksanakan di Panti Asuhan As-Shohwa Jl Merpati, Simpang Baru, Kec Tampan, Kota Pekanbaru. Dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Desember 2023 yang di Koordinatori oleh Muhammad Ilham Romandes, beranggotakan Amira Rizkiani, Farhan Yazid Ismail, M. Fauzi, Muslimatul Husna, Rika Afriliani, Rita Hartati, Taufiqul Khaliq DAN Yolanda Nabila Saputri.

Tujuan diadakan program sosialisasi kewirausahaan oleh peneliti adalah memberikan edukasi dan motivasi tentang peningkatan skill dan keterampilan anak-anak di Panti Asuhan As-Sohwa agar dapat mengembangkan bakat dan menumbuhkan produktifitas mereka dalam kehidupan. Agar nantinya dimasa depan mereka tidak bingung dan cemas, mengenai pekerjaan karena telah dibekali buah dari ilmu tentang apa itu kewirausahaan dan bagaimana kewirausahaan tersebut.

About Yulia Annisa

Check Also

Millad ke- 26 Tahun Prodi PMI FDK UIN Suska Riau

Kamis, 29 Februari 2024 lalu, Kegiatan rutin tahunan, yakni Millad Prodi PMI Fakultas Dakwah dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *