PBAK Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Rabu, 23 Agustus 2023 Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Fakultas Dakwah dan Komunikasi berlangsung di Aula Islamic Centre diikuti oleh 490 Mahasiswa/i baru, dari 490 Mahasiswa baru ada 64 Mahasiswa/i dari Program Studi Pengemangan Masyarakat Islam (PMI).

Rangkaian kegiatan PBAK diawali dengan acara pembukaan yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Prof.Dr. Imron Rosidi, S.Pd., M.A. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi PBAK pada sesi pertama oleh Wakil Dekan I Prof. Dr. Masduki, M.Ag. Menyampaikan terkait budaya dan nilai-nilai  serta etika akademik yang harus mendarah daging bagi mahasiswa baru. pada sesi kedua disampaikan oleh Wakil Dekan II terkait fasilitas perkuliahan untuk mempermudah kegiatan akademik serta FDK berupaya memberikan fasilitas terbaik dan ternyaman bagi mahasiswa. Ada 17 Ruangan perkuliahan yang sudah dilengkapi  AC di setiap ruangan. Kemudian pada Sesi Ketiga disampaikan oleh Wakil Dekan III terkait Kode etik berpakaian, tatacara berpakaian bagi mahasiswa memakai kemeja, celana dasar dan untuk mahasiswi memaki  jilbab yang menjulur menutupu dada, berbusana longgar serta tidak memasukkan baju kedalam rok. menurut WD III jika Kode etik mahasiswa  di pegang dan dilaksanakan maka akan mengikat dan menata pribadi mahasiswa hingga mencapai kesuksesan. selain itu beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa baru memiliki peluang besar untuk mendapatkan beasiswa. Diantara beasiswa tersebut ialah beasiswa prestasi, bidikmisi, tahfiz pemprov Riau, KIP dan masih banyak beasiswa lainnya dengan syarat mahasiswa harus sukses dalam berorganisasi dan suskses studi.

Foto: Moderator Diskusi Panel

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi Panel terkait penjelasan tentang pengenalan masing-masing Program Studi yang dimoderatori oleh  Sekretaris Prodi PMI, ibu Yefni MSi yang diawali dengan pemberian ice breaking. Sesi Pertama dimulai dari pengenalan prodi PMI yang disampaikan langsung oleh ibu Dr. Titi Antin, S.Sos., M.Si. selaku Ketua Prodi PMI. Pemaparan tentang Prodi PMI beliau menyampaikan  visi dan misi FDK, serta peran mahasiswa PMI merupakan  calon penggerak atau dinamisator yang akan menggerakkan seluruh aspek roda pembangunan masyarakat. Diskusi panel di tutup dengan sesi tanya jawab. Salahsatu pertanyaan disampaikan oleh Mahasiswa Baru Prodi PMI Redho saputra yang menanyakan “apa yang dimaksud dengan pemgembangan masyarakat, lalu bagaimana menjadi seorang pemberdaya yang profesional?”. Pertanyaan tersebut di jawab langsung oleh Ketua Prodi PMI.

Foto: Pemaparan Program Studi PMI oleh Ketua Prodi PMI

Pada akhir kegiatan diskusi panel ditutup langsung oleh Moderator dengan menyampaikan sebuah statement bahwa “Tugas dari Mahasiswa PMI itu adalah memikirkan dan  mendesain perubahan”.

About Yulia Annisa

Check Also

Millad ke- 26 Tahun Prodi PMI FDK UIN Suska Riau

Kamis, 29 Februari 2024 lalu, Kegiatan rutin tahunan, yakni Millad Prodi PMI Fakultas Dakwah dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *