Home / Berita / MAHASISWA/I PMI BANTU MASYARAKAT WUJUDKAN DESA WISATA DANAU MALIKA

MAHASISWA/I PMI BANTU MASYARAKAT WUJUDKAN DESA WISATA DANAU MALIKA

Desa Lubuk Siam merupakan desa yang masih menunjukkan nuansa tradisional Melayu. Desa ini masuk dalam Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Disini masih banyak dijumpai rumah-rumah penduduk model panggung dari kayu. Letak Desa berjarak 13 Km dari Ibu Kota Kecamatan, 73 Km ( 2 jam ) dari Ibu Kota Kabupaten/Kota dan 21 Km dari Ibu Kota Provinsi. Sebagian besar warga Lubuk Siam merupakan suku Bangsa Melayu yang didalamnya terdapat beberapa suku yakni : chaniago, domo, pitopang basah, dan piliang. 

Foto: pembersihan Danau

Desa Lubuk Siam memiliki potensi alam berupa Danau Malika sepanjang 5 Km, dan potensi alam lainnya seperti perkebunan kelapa sawit seluas. Selain itu Desa Lubuk Siam memiliki potensi alam berupa keramba, pengilar, jala, pukat dan lainnya. Dengan adanya potensi ini dapat membantu perekonomian masyarakat desa Lubuk Siam.

Berdasarkan hasil Pemetaan yang dilakukan oleh Mahasiswa Semester V Prodi PMI yang di Bimbing langsung oleh Dosen Yulia Annisa.M.Sos Pada mata kuliah Pengorganisasian dan pengembangan masyarakat Islam . dari hasil pemetaan tersebut diketahui bahwa Desa Lubuk Siam memiliki lingkungan yang berpotensi untuk dijadikan sebagai desa wisata karena memiliki danau yang  dapat dimanfaatkan sebagai central point dan juga berpotensi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. oleh karena itu mahasiswa lakukan kegiatan pemberdayaan langsung kepada masyarakat Desa Lubuk Siam dalam upaya wujudkan Desa Wisata Danau Malika dengan berpartisipasi memberikan ide-ide kreatif dari mahasiswa serta membangun kesadaran masyarakat agar masyarakat mau terlibat aktif untuk bergotong royong membersihkan danau malika yang dipenuhi oleh eceng gondok hingga dibersihkan dan di bentuk menjadi sebuah desa wisata. Hal ini tentunya membantu dalam kemajuan pembangunan Desa yang nantinya akan dijadikan sebagai objek wisata,  membangkitkan potensi desa dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

About PMI UIN SUSKA RIAU

Check Also

MAHASISWA PMI LAKUKAN PENJAJAKAN DUSUN III MUNGKAL DESA TANJUNG PAL KECAMATAN SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK

Penjajakan Dusun II Mungkal Desa Tanjung Pal dilakukan oleh mahasiswa PMI Semester 5 sebagai mini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solve : *
5 × 26 =