Home / Berita / MAHASISWA PMI LAKUKAN PENJAJAKAN DUSUN III MUNGKAL DESA TANJUNG PAL KECAMATAN SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK

MAHASISWA PMI LAKUKAN PENJAJAKAN DUSUN III MUNGKAL DESA TANJUNG PAL KECAMATAN SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK

Penjajakan Dusun II Mungkal Desa Tanjung Pal dilakukan oleh mahasiswa PMI Semester 5 sebagai mini riset untuk merancang project pemberdayaan bagi masyarakat disana pada mata kuliah Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat Islam. pelaksanaan kegiatan telah dilaksanakan pada November lalu menjelang Akhir Semester ganjil. kegiatan ini Sebagai sarana perkenalan dan pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat, Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat, serta Mengamalkan tridarma perguruan tinggi.

Perjalanan dari Kampus menuju Dusun II Mungkal Desa Tanjung Pal menghabiskan jarak tempuh 3  jam perjalanan darat dan 1 Jam perlanan laut menggunakan perahu. Setelah di dermaga untuk sampai ke pemukiman warga harus berjalan sekitar 1 jam perjalanan karena tidak adanya transportasi di wilayah tersebut. Selanjutnya mahasiswa bermalam di rumah warga di dusun Dusun II Mungkal Desa Tanjung Pal.

 

Hasil penjajakn oleh mahasiswa diperoleh data bahwa kekuatan yang terdapat di Dusun III Mungkal memiliki banyak potensi sumber daya alam yakni berada pada kondisi wilayah yang strategis seperti jenis tanahnya  (tanah gambut ) yang cocok untuk pertanian. Namun dusun ini juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya sulitnya akses ke dusun tersebut, terbatasnya listrik, tidak adanya jaringan, rendahnya tingkat pendidikan, kurangnya tenaga pengajar, dan mahalnya harga bahan pokok. Adapun peluang yang harus dikembangkan di dusun ini adalah mengolah hasil perkebunan dan memanfaatkan tanah yang subur   untuk lahan pertanian. 

Disisi lain dalam bidang pendidikan, Dusun III Mungkal hanya memiliki 1 SD dan 1 SMP yang mana tergabung dalam satu atap. Awal didirikannya SDN 024 Tanjung Pal, banyak anak sekolah yang tidak mau datang sehingga harus dipaksa oleh gurunya dan ketika sudah didalam kelas pun masih ada yang tidak mau belajar. Pendidikan di Dusun III Mungkal masih tergolong rendah serta motivasi anak – anak untuk melanjutkan pendidikan pun sangat rendah.Berdasarkan hal itu, mahasiswa PMI Merancang program untuk melakukan pemberdayaan kepada anak – anak di Dusun III Mungkal dengan memberikan edukasi dan motivasi tentang pentingnya pendidikan sosialisasi pendidikan terhadap anak-anak Dusun III Mungkal Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak. Tujuan kegiatan tersebut ialah  untuk Memberikan edukasi tentang pendidikan kepada anak-anak sekolah Dusun III Mungkal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, serta untuk menggali potensi anak – anak Dusun III Mungkal

 

 

About PMI UIN SUSKA RIAU

Check Also

MAHASISWA/I PMI BANTU MASYARAKAT WUJUDKAN DESA WISATA DANAU MALIKA

Desa Lubuk Siam merupakan desa yang masih menunjukkan nuansa tradisional Melayu. Desa ini masuk dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solve : *
15 − 2 =