Home / Berita / Menjelang Akhir Semester, Mahasiswa PMI Semester Lima Lakukan Pengabdian Masyarakat

Menjelang Akhir Semester, Mahasiswa PMI Semester Lima Lakukan Pengabdian Masyarakat

Community development memiliki tujuan, visi dan misi untuk menjadikan masyarakat sadar akan segenap potensi yang telah dianugrahkan Allah SWT dan berupaya mengelola serta memanfaatkanya dengan bijaksana didampingi peran pemberdaya sebagai fasilitator, katalisator dan advokasi masyarakat. Untuk itu Pengorganisasian Pengembangan Masyarakat (PPM) merupakan hal yang sangat penting dilakukan sebelum turun kedalam masyarakat agar semua kegiatan dapat dipetakan melalui program dan rencana yang telah disusun dengan model-model pendekatan

Sebagai Implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi dan sebagai Aplikasi dari teori yang telah di pelajari di kelas, Mahasiswa PMI Semester Lima Lakukan Pengabdian Masyarakat yang dibimbing oleh Dosen Yulia Annisa, M.Sos pada mata Kuliah Pengorganisasian dan Pengembangan masyarakat Islam. Kegiatan pengabdian ini bertuan untuk mempersiapkan mahasiswa  agar mampu merancang dan sekaligus evaluasi project pemberdayaan sebagai pengalaman dan bekal  untuk mewujudkan Profil Lulusan Prodi PMI salah satunya sebagai Praktisi Pengembangan Masyarakat Islam dan Advokasi Sosial.

Diantara Project Pemberdayaan yang dirancang oleh mahasiswa ialah:

  1. IMPLEMENTASI TEKNIK FGD UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR KEAGAMAAN BAGI ANAK- ANAK MDTA DI DESA KUALU, KAMPAR kegiatan ini bermaksud untuk mengimplementasikan strategi yang dapat ditiru dan diadopsi serta di inovasikan sesuai dengan keadaan dan kondisi dalam memberikan atau transfer ilmu kepada anak-anak metode yang dapat dikembangkan adalah menjadikan anak-anak lebih aktif daripada memberikan full materi kepada anak-anak membentuk terlebih utama karakter dan akhlak anak agar mereka leluasa serta mudah menyeap dan menerima ilmu yang diberikan karena pedoman adab lebih tinggi daripada ilmu itu memang menjadi acuan terpenting terutama dalam memahami aqidah serta ajaran Islam lainnya tujuannya iala Untuk meningkatkan partisipasi belajar Agama pada anak, Untuk meningkatkan pemahaman agama, dan untuk meningkatkan akhlakul karimah bagi anak MDTA Mesjid at-taubah.  
  2. PENINGKATAN WAWASAN KEAGAMAAN PADA ANAK-ANAK DISEKITAR MUSHOLA NURUSSALAM MELALUI KEGIATAN MAGRIB MENGAJI DI DESA CIPTA KARYA. Kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas keagamaan magrib mengaji pada anak-anak di Nurussalam yaitu menambah program-program yang kiranya mampu untuk lebih meningkatkan selain skill mereka namun juga dalam bentuk wawasan misalnya seperti pelajaran sirah atau sejarah kemudian keterampilan seperti kaligrafi dan juga kami akan melakukan kegiatan perkenalan kebersihan seperti gotong royong serta bagaimana sikap sopan dan santun yang seharusnya dimiliki oleh anak-anak yang pada umumnya anak- anak sekarang kurang memahami hal tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah Untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan baru tentang keagamaan, memberikan keterampilan dalam beribadah, serta  meningkatkan sikap dan karakter yang baik melalui vidio nussa dan rara (perilaku jujur)
  3. PEMANFAATAN BARANG BEKAS UNTUK MENINGKATKAN SKILL IBU-IBU PKK KELURAHAN TUAH MADANI, KECAMATAN TUAH MADANI, KOTA PEKANBARU, RIAU merupakan kegiatan pengembangan skill yang memanfaatkan barang bekas sebagai sarana pengembangan nya. Dalam kegiatan ini bertuajuan untuk meningkatkan partisipasi ibu-ibu PKK yang sebelumnya tingkat partisipasinya rendah pada setiap program yang ada, tertarik untuk berpartisipasi pada kegiatan pemberdayaan yang peneliti laksanakan. tujuan yang dicapai ialah Meningkatkan nilai ekonomis barang bekas, Meningkatkan skill kreatifitas ibu-ibu PKK baik yang masih muda ataupun lanjut usia (lansia) serta Mengurangi dampak lingkungan dari botol-botol bekas yang tersebar di lingkungan.

4. FILM EDUKASI HAFALAN SHOLAT DELISA SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN UNTUK MEMPERKUAT AKHLAK BAIK BAGI ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN AR-RAHIM, GARUDA SAKTI. kegiatan ini bermaksud untuk Meningkatkan kepercayaan diri bagi anak-anak panti asuhan Arrahim, Mengembangkan potensi diri pada anak-anak panti asuhan Arrahim, Menggali passion/ minat pada anak-anak panti asuhan Arrahim sehingga anak-anak di panti asuhan tersebut mampu berdaya dan kepercayaan dirinya semakin meningkat. selain itu penayangan film edukasi hafalan shalat Delisa untuk memperkuat sikap dan perilaku baik pada anak-anak panti asuhan Arrahim.

About PMI UIN SUSKA RIAU

Check Also

MAHASISWA/I PMI BANTU MASYARAKAT WUJUDKAN DESA WISATA DANAU MALIKA

Desa Lubuk Siam merupakan desa yang masih menunjukkan nuansa tradisional Melayu. Desa ini masuk dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solve : *
21 ⁄ 7 =