Tingkatkan Mutu Artikel Dosen dan Karya Ilmiah Mahasiswa melalui Pelatihan Turnitin

Dalam rangka peningkatan mutu artikel dosen dan karya ilmiah mahasiswa, Fakultas Dakwah dan komunikasi bekerjasama dengan Pustakawan UIN Sultan Syarif Kasim Riau menyelenggarakan pelatihan Turnitin, Kamis (7/12/2023). Pustakawan Ahli Muda  Ari Eka Wahyudi, S.Kom  sebagai tutor langsung pada pelatihan Turnitin yang pesertanya terdiri dari Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, Dosen, Admin Prodi dan beberapa Tenaga Kependidikan selingkup Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang dibuka langsung oleh Wakil Dekan I Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Prof. Dr. Masduki, M.Ag.

Turnitin merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi plagiarisme dalam naskah artikel yang dibuat baik dosen maupun mahasiswa. Plagiarisme merupakan perilaku tidak terpuji yang harus dihindari terutama di kalangan sivitas akademika. Pentingnya kesadaran untuk bebas plagiasi di lingkungan pendidikan tinggi perlu semakin ditingkatkan. Hal ini tentunya akan meningkatkan dan melindungi reputasi sivitas akademika baik itu orisinalitas mutu karya ilmiah  serta kredibilitas perguruan tinggi. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah melalui pendeteksian  similaritas karya ilmiah yang dihasilkan sivitas akademika melalui aplikasi Turnitin.

Selama pelatihan, para peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya kepada para pembicara tentang hal-hal yang mungkin masih membingungkan mereka tentang penggunaan Turnitin. Ari Eka Wahyudi, S.Kom menyarankan  untuk melakukan deteksi similaritas sejak dini, yaitu saat mahasiswa membuat tugas makalah ataupun karya ilmiah lainnya. Hal tersebut akan mendidik mahasiswa untuk terbiasa menghindari plagiasi yang terus berlangsung hingga pada level penyusunan tugas akhir, sehingga akan menjadikan hasil penelitian atau karya ilmiah mahasiswa benar-benar orisinal. Hal tersebut juga akan mempersingkat dan mempermudah dalam pemeriksaan similaritas karya ilmiah tugas akhir mahasiswa, disamping itu hal yang lebih penting lagi adalah kemampuan menulis mahasiswa akan meningkat.

About Yulia Annisa

Check Also

Millad ke- 26 Tahun Prodi PMI FDK UIN Suska Riau

Kamis, 29 Februari 2024 lalu, Kegiatan rutin tahunan, yakni Millad Prodi PMI Fakultas Dakwah dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *