Visit Guru Besar membawa Tema Kompetensi Pemberdayaan bagi Mahasiswa

Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Suska Riau melaksanakan kegiatan Visit Guru Besar  Pada Senin (23/10/23). Kegiatan dilaksanakan di Gedung Teater Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Hadir sebagai narasumber kegiatan ini Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang, Selaku Praktisi Pemberdayaan Masyarakat Prof. Nurus Shalihin, M.Si., Ph.D. Kegiatan ini diikuti oleh 68 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Prodi Pengembangan Masyarakat Islam. Tema yang dibahas dalam kegiatan ini yakni “Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan”.

Pemberdayaan Masyarakat  sebagai entitas Kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa Prodi PMI. Karena output dari Prodi PMI ialah melahirkan alumni yang mampu mengembangkan pengetahuan dan skill, berdedikasi dan berkolaborasi membangun masyarakat, mengentaskan problema-problema yang ada di tengah-tengah masyarakat melalui Pemberdayaan masyarakat.

Prof. Nurus Salihin menyampaikan bahwa “Prodi PMI Sangat memiliki peluang keilmuan dalam mengembangkan riset  Transformatif dalam Memberdayakan Masyarakat. Arah pendidikan Prodi PMI perlu dibangun menjadi pendidikan yang transformatif, dengan menggunakan pola pendekatan  pendampingan antara dosen dan mahasiswa yang saling berkolaborasi dengan masyarakat”.

Kegiatan ini juga dibuka secara resmi oleh Ketua Program Studi Pengembangan Masuyarakat Islam. Dalam sambutannya Dr. Titi Antin, M.Si menyampaikan bahwa  kegiatan ini penting dilakukan sebab mahasiswa PMI harus tau dan harus memiliki kompetensi yang maksimal dan profesional dalam melakukan pemberdayaan masyarakat dan hal ini menjadi kunci keberhasilan pembangunan masyarakat melalui Mahasiswa PMI.

 

 

About Yulia Annisa

Check Also

Millad ke- 26 Tahun Prodi PMI FDK UIN Suska Riau

Kamis, 29 Februari 2024 lalu, Kegiatan rutin tahunan, yakni Millad Prodi PMI Fakultas Dakwah dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *