Dosen FDK UIN Suska Riau Bahas Penguatan dan Pengalaman Akademik dalam Era Teknologi

Foto Narasumber oleh Assyari Abdullah

Pekanbaru, 4 September 2024 – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) menggelar pertemuan akademik dengan tema Penguatan dan Pengalaman Akademik Dosen FDK yang dihadiri oleh seluruh dosen akultas Dakwah dan Komunikasi. Acara ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas dosen, khususnya dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi dalam dunia akademik.

Dekan FDK, dalam sambutannya, menegaskan pentingnya para dosen untuk terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang cepat, terutama dalam dunia pendidikan dan penelitian. “Kita sudah berada pada era teknologi. Kita bisa memanfaatkan, misalnya Artificial Intelligence (AI), untuk mendukung karya dosen,” ujarnya. Dekan menekankan bahwa pemanfaatan AI dapat membantu dalam penulisan karya ilmiah, pengumpulan data, dan mempercepat proses analisis sehingga dosen bisa lebih produktif.

Foto Peserta Kegiatan Oleh Yudhi Marta Nugraha

Acara ini juga diisi dengan sesi berbagi pengalaman dari tiga dosen yang sedang menempuh pendidikan Doktoral S3, yaitu Tika Mutia, Rahmad, dan Yudhi Martha Nugraha. Mereka membagikan cerita dan tantangan yang mereka hadapi selama menempuh studi doktoral di dalam maupun luar negeri. Tika Mutia menekankan pentingnya disiplin dalam menyeimbangkan waktu antara studi, pengajaran, dan penelitian, serta pemanfaatan teknologi AI yang membantu dalam mempercepat proses penulisan disertasi dan pengumpulan data. Sementara Yudhi Marta Nugraha  berbicara tentang peran kolaborasi internasional dalam memperkaya perspektif penelitian, dan Rahmad  mengungkapkan pengalaman beradaptasi dengan dunia dan budaya kampus pada studi doktoralnya.

Melalui pertemuan ini, para dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau diharapkan semakin siap untuk menghadapi era digital dan terus meningkatkan pengalaman akademik mereka. Dekan FDK berharap para dosen bisa mengoptimalkan teknologi seperti AI dan platform digital lainnya untuk menciptakan karya ilmiah yang relevan dan berkualitas tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pertemuan ini menciptakan suasana positif dan inspiratif bagi seluruh peserta. Seluruh Dosen FDK sepakat bahwa peningkatan kompetensi dosen harus sejalan dengan kemajuan teknologi agar mampu berkontribusi lebih maksimal dalam dunia pendidikan di era modern ini.

 

About Yulia Annisa

Check Also

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau T.A 2024/2025

Pekanbaru, 29 Agustus 2024 – Fakultas Dakwah dan Komunikasi menyelenggarakan kegiatan PBAK (Pengenalan Budaya Akademik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *