Kolaborasi dan Silaturahmi: Kunjungan Inspiratif Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sultan Syarif Kasim Riau ke Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sumber : https://pmi.uin-suka.ac.id/id/berita/detail/10566/kolaborasi-dan-silaturahmi-kunjungan-inspiratif-prodi-pengembangan-masyarakat-islam-uin-sultan-syarif-kasim-riau-ke-prodi-pengembangan-masyarakat-islam-uin-sunan-kalijaga-yogyakarta

Pada hari Jum’at, 23 Agustus 2024 Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sultan Syarif Kasim Riau berkunjung ke Prodi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan 2, Prof. Dr. Hj. Casmini, S.Ag., M.Si serta Kaprodi Magister PMI, Prof. Dr. Moch. Nur Ichwan, S.Ag., M.A.

“Yogyakarta memiliki banyak bonus, seperti perpustakaan, LSM, dan berbagai fasilitas lainnya yang akan memperkaya pengalaman mahasiswa. Budaya akademik di sini berbeda, kokoh, dan akan berdampak pada mahasiswa ketika mereka kembali ke daerah masing-masing. Dunia akademik dan ilmiah bukan hanya tentang ilmu dan buku, tetapi juga tentang networking. Seringkali, networking ini bahkan lebih penting. Misalnya, kita mungkin membutuhkan kemampuan tertentu, dan kemampuan ini dimiliki oleh banyak orang, sehingga jaringan yang kuat sangat dibutuhkan,” ujar Prof. Dr. Moch. Nur Ichwan, S.Ag., M.A.

Acara kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari tim prodi PMI UIN Suska Riau yang terdiri dari Ibu Dr. Titi Atin, S.Sos., M.Si, Ibu Yefni, S.Ag., M.Si, dan tiga staf lainnya. Tujuan kunjungan mereka adalah untuk bersilaturahmi dan menimba ilmu dari prodi PMI UIN Yogyakarta, serta membangun jaringan yang lebih luas. Mereka juga menyampaikan bahwa alumni mereka sering melanjutkan studi ke S2 prodi PMI di Padang, dan berharap dapat menjalin hubungan yang sama dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Selanjutnya, Ibu Siti Aminah, S.Sos.I., M.Si dari prodi PMI UIN Yogyakarta membagikan informasi tentang kegiatan prodi PMI S1 tahun 2024, termasuk laboratorium PMI (Comdev Center), pengelolaan sampah kampus, PPM luar negeri di Al Jenderami, serta kurikulum 2020 dan 2024.

Kemudian, Bapak Ahmad Izzuddin, M.Si memberikan paparan mengenai profil S2 PMI, kegiatan, dan kemahasiswaan. Ibu Dr. Hj. Sriharini, S.Ag., M.Si juga berbagi informasi tentang LSP dan BNSP, serta bagaimana uji sertifikasi dapat dilakukan secara gratis untuk mahasiswa. Beliau menekankan bahwa sertifikat ini memiliki nilai penting, terutama dalam proses penerimaan CPNS.

Selain itu, fasilitator pemberdayaan masyarakat dapat ditawarkan kepada PMI di seluruh Indonesia dan kepada para alumni sebagai bekal dalam menghadapi CPNS.

Acara kemudian dilanjutkan dengan observasi mesin pencacah sampah dan diskusi mengenai kemungkinan kolaborasi di masa depan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Hj. Casmini, S.Ag., M.Si, Prof. Dr. Moch. Nur Ichwan, S.Ag., M.A, Dr. Hj. Sriharini, S.Ag., M.Si, Dr. Rudi, Siti Aminah, S.Sos.I., M.Si l, Ahmad Izzuddin, M.Si, Pak Khoiriddin, serta tim dari prodi PMI UIN Riau.

 

About Ricy Wahyuni

Check Also

Kuliah Umum Fakultas Dakwah dan Komunikasi “Membangun Karakter dan Integritas Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi di Era Digitalisasi “

Pekanbaru, 5 September 2024 – Fakultas Dakwah dan Komunikasi  kembali menggelar kuliah umum di Auditorium …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *