Aksi Pemberdayaan PMI 6 C Untuk Masyarakat

Pekanbaru- 2 Juni 2024 mahasiswa program studi pengembangan masyarakat islam dalam masa kuliah metodologi penelitian,  kelompok 3 PMI C melakukan kegiatan pengembangan masyarakat di salah satu perumahan yang berada di Kota Pekanbaru tepatnya di perumahan Griya Kenari Indah yang berada di Jl. Naga Sakti kota Pekanbaru.

Kegiatan ini mengusung tema pelatihan pembuatan susu kedelai dan packaging. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu ibu-ibu rumah tangga dalam meningkatkan perekonomian keluarga dengan usaha di rumah membuat susu kedelai dapat membantu menambah penghasilan mereka. Pelatihan dilakukan dengan memberikan materi terkait pengetahuan manfaat dari susu kedelai dan bagaimana cara membuat susu kedelai serta tak lupa mahasiswa mengarahkan tentang packaging dari susu kedelai ini supaya lebih menarik dan dapat diminati oleh orang banyak.

Antusias masyarakat sekitar perumahan Griya Kenari Indah sangat ramai dan masyarakat sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut karena merasa terbantu dengan adanya ide serta gagasan yang diberikan oleh mahasiswa. Beberapa ibu ibu juga mengajukan pertanyaan terkait dalam proses pembuatan menunjukkan partisipasi mereka untuk ingin lebih tahu tentang produk ini sangat tinggi. Kegiatan seperti ini melatih calon praktisi pengembangan masyarakat untuk belajar bagaimana memberikan program yang bermanfaat kepada masyarakat yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di lapangan. Pelatihan seperti ini juga mengajarkan mahasiswa untuk belajar bagaimana bermasyarakat dan bagaimana melakukan pendekatan ketika akan memberikan sebuah program di suatu tempat. Kegiatan seperti ini akan menjadikan bekal bagi calon praktisi pengembangan masyarakat ketika sudah turun di dunia pekerjaan tentu mereka akan merasa sudah terbiasa karena sering melakukan hal-hal terkait bagaimana memberdayakan masyarakat.

About Yulia Annisa

Check Also

Makna Maulid Nabi Muhammad SAW bagi Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam

Peringatan Maulid Nabi ini memiliki makna yang sangat relevan dengan misi Program Studi Pengembangan Masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *